Ringkasan Naskah Akademik Penataan Peraturan Perundang-undangan Kemetrologian untuk Mendukung Daya Saing Nasional


Metrologi adalah sebuah istilah yang mempunyai banyak aspek. Dari sisi ilmiah, metrologi berarti ilmu pengetahuan mengenai tatacara dan sistem pengukuran. Walaupun masyarakat pada umumnya tidak terlalu akrab dengan istilah atau konsep metrologi, implikasi metrologi sangat besar artinya bagi kehidupan mereka sehari-hari. Metrologi bertujuan untuk memberikan hasil pengukuran yang benar. Tanpa metrologi, hasil dari suatu pengukuran tidak dapat dijamin kebenarannya.
Kebenaran suatu hasil pengukuran hanya dapat dipastikan jika ada suatu acuan pengukuran yang diakui oleh semua pihak yang berkepentingan dengan hasil pengukuran tersebut. Secara teknis, diperlukan suatu acuan berupa standar fisik, metode-metode baku dan kompetensi untuk melakukan pengukuran pada berbagai tingkat ketelitian. Hal ini disebut sebagai infrastruktur metrologi.
Pengukuran dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk banyak keperluan: memastikan jumlah atau ukuran komoditas yang diperdagangkan, guna menentukan nilai trans­aksinya; memastikan bahwa suatu produk mempunyai karakteristik yang sesuai dengan suatu spesifikasi tertentu, guna memenuhi kebutuhan konsumen yang akan mengguna­kannya; memastikan bahwa peralatan ukur yang dipergunakan untuk keperluan medis mempunyai akurasi yang memadai, guna melindungi kesehatan masyarakat; memastikan bahwa sarana publik seperti kendaraan umum berada dalam kondisi layak pakai, guna melindungi keselamatan umum, dan lain-lain.
Dikaitkan dengan daya saing produk, pengukuran merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari sistem standardisasi dan penilaian kesesuaian terhadap komoditas yang diperdagangkan. Bagi produk nasional yang akan diekspor, bukti penilaian kesesuaian terhadap standar yang dipersyaratkan oleh negara tujuan adalah syarat mutlak. Sebaliknya, untuk memastikan bahwa produk impor tidak membahayakan konsumen di Indonesia dan tidak menimbulkan persaingan tidak sehat bagi produk lokal, maka harus ada sistem standardisasi dan penilaian kesesuaian yang handal, yang didukung oleh sistem pengukuran yang dapat dipercaya. Dalam hal ini dapat ditunjukkan bahwa pengukuran mempunyai kaitan langsung terhadap daya saing bangsa.
Memperhatikan dampak pengukuran terhadap kepentingan umum, maka negara harus melindungi rakyatnya dengan membuat regulasi yang baik tentang sistem, tatacara, peralatan dan lembaga yang berkaitan dengan metrologi. Naskah ini merupakan suatu hasil kajian mengenai kebijakan dan peraturan-peraturan mengenai metrologi yang berlaku di Indonesia saat ini, mulai dari Undang-undang No. 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi Legal hingga ke peraturan-peraturan pemerintah dan keputusan-keputusan presiden dan menteri yang mempunyai kaitan dengan pengukuran. Selain mengkaji peraturan-peraturan tersebut secara terpisah, dilakukan juga perbandingan dengan praktik dan rekomendasi internasional dalam bidang metrologi. 

Ringkasan Naskah Akademik Penataan Peraturan Perundang-undangan Kemetrologian untuk Mendukung Daya Saing Nasional

oleh: Husein A. Akil; Dede Erawan; Donny Purnomo; Agustinus Praba Drijarkara; Dwi Kirana Yuniasti; Dadang Rustandi; Sunarya 
 
© Copyright 1945-2045 Metrologi di Indonesia